Burbn,
Inc.
Berdiri
pada tahun 2010 perusahaan Burbn, Inc., merupakan sebuah teknologi startup yang
hanya berfokus kepada pengembangan aplikasi untuk telepon genggam. Pada awalnya Burbn, Inc. sendiri
memiliki fokus yang terlalu banyak di dalam HTML5 mobile, namun kedua CEO,
Kevin Systrom dan juga Mike Krieger, memutuskan untuk lebih fokus pada satu hal
saja. Setelah satu minggu mereka mencoba untuk membuat sebuah ide yang bagus,
pada akhirnya mereka membuat sebuah versi pertama dari Burbn, namun di dalamnya
masih ada beberapa hal yang belum sempurna. Versi Burbn yang sudah final,
adalah aplikasi yang sudah dapat digunakan di dalam iPhone, yang dimana isinya terlalu banyak dengan fitur-fitur.
Sulit bagi Kevin Systrom dan Mike Krieger untuk mengurangi fitur-fitur yang
ada, dan memulai lagi dari awal, namun akhirnya mereka hanya memfokuskan pada
bagian foto, komentar, dan juga kemampuan untuk menyukai sebuah foto. Itulah
yang akhirnya menjadi Instagram.
Nama
Instagram
Nama
instagram berasal dari pengertian dari keseluruhan fungsi aplikasi ini. Kata
“insta” berasal dari kata “instan”, seperti kamera polaroid yang pada masanya lebih dikenal dengan
sebutan “foto instan”. Instagram juga dapat menampilkan foto-foto secara
instan, seperti polaroid di dalam tampilannya. Sedangkan untuk kata “gram”
berasal dari kata “telegram”, dimana cara kerja telegram sendiri adalah untuk mengirimkan
informasi kepada orang lain dengan cepat. Sama halnya dengan Instagram yang
dapat mengunggah foto dengan menggunakan jaringan internet, sehingga informasi yang ingin
disampaikan dapat diterima dengan cepat. Oleh karena itulah Instagram berasal
dari instan-telegram.
Fitur-fitur
Instagram
Pengikut
Sistem
sosial di dalam Instagram adalah dengan menjadi mengikuti akun pengguna
lainnya, atau memiliki pengikut Instagram. Dengan demikian komunikasi antara
sesama pengguna Instagram sendiri dapat terjalin dengan memberikan tanda suka
dan juga mengomentari foto-foto yang telah diunggah oleh pengguna lainnya.
Pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting, dimana jumlah tanda suka
dari para pengikut sangat mempengaruhi apakah foto tersebut dapat menjadi
sebuah foto yang populer atau tidak. Untuk menemukan teman-teman yang ada di
dalam Instagram. Juga dapat menggunakan teman-teman mereka yang juga
menggunakan Instagram melalui jejaring sosial seperti Twitter dan juga Facebook.
Mengunggah
Foto
Kegunaan
utama dari Instagram adalah sebagai tempat untuk mengunggah dan berbagi
foto-foto kepada pengguna lainnya. Foto yang hendak ingin diunggah dapat
diperoleh melalui kamera iDevice ataupun foto-foto yang ada di album foto di
iDevice tersebut.
Kamera
Foto
yang telah diambil melalui aplikasi Instagram dapat
disimpan di dalam iDevice tersebut. Penggunaan kamera melalui Instagram juga dapat langsung menggunakan
efek-efek yang ada, untuk mengatur pewarnaan dari foto yang dikehendaki oleh
sang pengguna. Ada juga efek kamera tilt-shift yang fungsinya adalah untuk
memfokuskan sebuah foto pada satu titik tertentu. Setelah foto diambil melalui
kamera di dalam Instagram, foto tersebut pun juga dapat diputar arahnya sesuai
dengan keinginan para pengguna. Foto-foto yang akan diunggah melalui Instagram
tidak terbatas atas jumlah tertentu, melainkan Instagram memiliki keterbatasan
ukuran untuk foto. Ukuran yang digunakan di dalam Instagram adalah dengan rasio
3:2 atau hanya sebatas berbentuk kotak saja. Para pengguna hanya dapat
mengunggah foto dengan format itu saja, atau harus menyunting foto tersebut
dulu untuk menyesuaikan format yang ada. Setelah para pengguna memilih sebuah
foto untuk diunggah di dalam Instagram, maka pengguna akan dibawa ke halaman
selanjutnya untuk menyunting foto tersebut.
Efek
Foto
Pada
versi awalnya, Instagram memiliki 15 efek-efek yang dapat digunakan oleh para
pengguna pada saat mereka hendak menyunting sebuah foto. Efek tersebut terdiri
dari: X-Pro II, Lomo-fi, Earlybird, Sutro, Toaster, Brannan, Inkwell, Walden,
Hefe, Apollo, Poprockeet, Nashville, Gotham, 1977, dan Lord Kelvin. Namun tepat pada tanggal 20 September
yang lalu Instagam telah menambahkan 4 buah efek terbaru yaitu; Valencia,
Amaro, Rise, Hudson dan telah menghapus 3 efek, Apollo, Poprockeet, dan Gotham
dari dalam fitur tersebut. Di dalam pengaplikasian efek sekalipun para pengguna
juga dapat menghilangkan bingkai-bingkai foto yang sudah termasuk di dalam efek
tersebut. Fitur lainnya yang ada pada bagian penyuntingan adalah Tilt-Shift.
Tilt-shift ini, sama fungsinya dengan efek kamera melalui instagram, yaitu
untuk memfokuskan satu titik pada sebuah foto, dan sekelilingnya menjadi buram.
Dalam penggunaannya aplikasi Tilt-Shift memiliki 2 bentuk, yaitu persegi
panjang dan juga bulat. Kedua bentuk tersebut dapat diatur besar dan kecilnya,
juga titik fokus yang diinginkan. Tilt-shift juga mengatur rupa foto
disekeliling titik fokus tersebut, sehingga para pengguna dapat mengatur
tingkat buram pada sekeliling titik fokus di dalam foto tersebut.
Judul
foto
Setelah
foto tersebut disunting, maka foto akan dibawa ke halaman selanjutnya, dimana
foto tersebut akan diunggah ke dalam Instagram sendiri ataupun ke jejaringan
sosial lainnya. Dimana di dalamnya tidak hanya ada pilihan untuk mengunggah
pada jejaringan sosial atau tidak, tetapi juga untuk memasukkan judul foto, dan
menambahkan lokasi foto tersebut. Sebelum mengunggah sebuah foto, para pengguna
dapat memasukkan judul untuk menamai foto tersebut sesuai dengan apa yang ada
dipikiran para pengguna. Judul-judul tersebut, para pengguna dapat menyinggung
pengguna Instagram lainnya dengan mencantumkan akun dari orang tersebut. Para
pengguna juga dapat memberikan label pada judul foto tersebut, sebagai tanda
untuk mengelompokkan foto tersebut di dalam sebuah kategori.
Arroba
Seperti
Twitter dan juga Facebook, Instagram juga memiliki fitur yang
dimana para penggunanya dapat menyinggung pengguna lain yang juga, dengan
manambahkan tanda arroba (@) dan memasukkan akun Instagram dari pengguna
tersebut. Para pengguna tidak hanya dapat menyinggung pengguna lainnya di dalam
judul foto, melainkan juga pada bagian komentar foto. Para pengguna dapat
menyinggung pengguna lainnya dengan memasukkan akun Instagram dari pengguna
tersebut. Pada dasarnya dalam menyinggung pengguna yang lainnya, yang
dimaksudkan adalah untuk berkomunikasi dengan pengguna yang telah disinggung
tersebut.
Label
Foto
Sebuah
label di dalam Instagram adalah sebuah kode yang
memudahkan para pengguna untuk mencari foto tersebut dengan menggunakan “kata
kunci”. Dengan demikian bila para pengguna memberikan label pada sebuah foto,
maka foto tersebut dapat lebih mudah untuk ditemukan. Label itu sendiri dapat
digunakan di dalam segala bentuk komunikasi yang bersangkutan dengan foto itu
sendiri. Para pengguna dapat memasukkan namanya sendiri, tempat dimana
mengambil foto tersebut, untuk memberitakan sebuah acara, untuk menandakan
bahwa foto tersebut mengikuti sebuah lomba, atau untuk menandakan bahwa foto
tersebut dihasilkan oleh anggota komunitas instagram. Foto yang telah diunggah,
dapat dimasukkan label yang sesuai dengan informasi yang bersangkutan dengan
foto. Pada saat ini label adalah cara yang terbaik jika kita hendak
mempromosikan foto di dalam instagram.
- Perlombaan
Sebagai
sebuah medium untuk mengundah foto, salah satu kegunaan dari Instagram sendiri
adalah untuk menjadi tempat ajang lomba fotografi. Di dalam perlombaan ini, para
penyelenggara lomba menggunakan tanda label untuk menandakan bahwa foto yang
telah diunggah tersebut telah mengikuti lomba tersebut. Sebuah perlombaan foto
melalui Instagram adalah salah satu cara untuk membuat sebuah produk lebih
dikenal oleh masyarakat luas. Penyelenggara juga memberikan jangka waktu
tertentu agar makin banyak pengguna dari instagram yang mengikuti perlombaan
tersebut. Pada umumnya perlombaan yang diadakan melalui instagram ini, tidak
hanya memberikan hadiah, melainkan juga dengan menjadi pemenang maka akan lebih
dikenal lagi di dalam dunia Instagram oleh para pengguna lainnya. Hal ini
memungkinkan pengikut dari pengguna Instagram tersebut akan bertambah banyak.
- Publikasi Kegiatan Sosial
Sebagaimana
kegunaan sosial media lainnya, Instagram menjadi sebuah medium untuk
memberitakukan mengenai sebuah kegiatan sosial, dari berbagai segi manca negara
ataupun lokal. Cara yang digunakan untuk mengikuti hal ini adalah dengan
menggunakan label instagram. Dengan menggunakan label yang membahas mengenai
kegiatan sosial, maka makin banyak masyarakat yang mengikuti hal tersebut.
Dengan demikian instagram menjadi salah satu alat promosi yang baik dalam
menyampaikan sebuah kegiatan itu. Contohnya seperti pada label #thisisJapan
projek dimana dia menggunakan label di dalam instagram untuk menarik perhatian
para masyarakat international untuk membantu bencana alam yang terjadi di
Jepang pada awal tahun lalu.
- Publikasi Organisasi
Di
dalam Instagram juga banyak organisasi-organisasi yang mempublikasikan produk
mereka. Contohnya saja seperti Starbucks, Red Bull, Burberry, ataupun Levi’s. Banyak dari produk-produk tersebut yang
sudah menggunakan media sosial untuk
memperkenalkan produk-produk terbarunya kepada masyarakat, hal ini dikarenakan
agar mereka tidak harus mengeluarkan biaya sepersenpun untuk melakukan promosi
tersebut. Tidak hanya itu saja, tetapi melalui instagram para produk tersebut
dapat berinteraksi secara langsung dengan para kustomer mereka. Hal ini juga
dimanfaatkan oleh para produk-produk tersebut, untuk mendapatkan konsumer lebih
banyak lagi, terlebih lagi bila mereka ingin mendekati kustomer yang belum
pernah menggunakan produk mereka. Lebih banyak lagI organisasi yaNG menggunaKAN
instagram sebagai sebuah media informasi kepada masyarakat luas.
Geotagging
Setelah
memasukkan judul foto tersebut, bagian selanjutnya adalah bagian Geotag. Bagian
ini akan muncul ketika para pengguna iDevice mengaktifkan GPS
mereka di dalam iDevice mereka tersebut. Dengan demikian iDevice tersebut dapat
mendeteksi lokasi dimana para pengguna Instagram tersebut berada. Geotagging
sendiri adalah identifikasi metadata geografis dalam sebuah media situs ataupun foto. Dengan
geotagging para penguna dapat terdeteksi dimana mereka telah mengambil foto
tersebut atau dimana foto tersebut telah diunggah.
Jejaringan
Sosial
Dalam
membagi foto tersebut, para pengguna juga tidak hanya dapat membaginya di dalam
Instagram saja, melainkan foto tersebut dapat dibagi juga melalui jejaring sosial lainnya seperti Facebook, Twitter, Foursquare, Tumblr, Flickr, dan juga posterous, yang tersedia di halaman untuk
membagi foto tersebut.
Tanda
Suka
Instagram
juga memiliki sebuah fitur tanda suka yang dimana fungsinya sama seperti apa
yang ada di dalam Facebook, yaitu sebagai
penanda bahwa pengguna yang lain menyukai foto yang telah diundah oleh pengguna
yang lain. Berdasarkan dengan durasi waktu dan jumlah suka pada sebuah foto di
dalam Instagram, hal itulah yang menjadi faktor khusus yang mempengaruhi apakah
foto tersebut popular atau tidak. Namun dalam hal ini tentu saja, jumlah
pengikut juga menjadi salah satu unsur yang penting. Bila sebuah foto tersebut
menjadi popular, maka secara langsung foto tersebut akan masuk ke dalam halaman
popular tersendiri.
Popular
Bilamana
sebuah foto masuk ke dalam halaman popular, yang dimana tempat tersebut menjadi
sebuah kumpulan dari foto-foto popular dari seluruh dunia pada saat itu. Secara
tidak langsung foto tersebut akan menjadi suatu hal yang dikenal oleh
masyarakat mancanegara, sehingga jumlah pengikut pun juga dapat bertambah lebih
banyak juga. Foto-foto yang berada di halaman popular tersebut pun tidak akan
seterusnya berada di halaman tersebut, melainkan dengan berjalannya waktu akan
ada foto-foto popular baru lagi yang masuk ke dalam daftar halaman tersebut.
Peraturan
di dalam Instagram
Sebagai
tempat untuk mengundah foto-foto dari masyarakat umum, ada beberapa peraturan
tersendiri dari Instagram, agar para pengguna tidak mengundah foto-foto yang
tidak sesuai dengan peraturan. Peraturan yang paling penting di dalam Instagram
adalah dimana mereka sangat melarang keras untuk foto-foto yang berbau pornografi, dan juga mengundah foto pengguna lain
tanpa meminta ijin terlebih dahulu. Bila ada salah satu foto dari akun yang
terlihat sama oleh pengguna lainnya, makan pengguna tersebuk memiliki hak untuk
menandai foto tersebut dengan bendera atau melaporkannya langsung kepada
Instagram.
Menandai
Foto Dengan Bendera
Menandai
foto dengan sebuah bendera berfungsi bola pengguna merusak kerja sama dalam
pengaduan penggunaan Instagram. Hal ini termasuk bila sebuah foto mengandung
unsur pornografi, ancaman, foto curian atau peniruan.
Dalam menandai sebuah foto dengan bendera (flagging) informasi mengenai
seseorang yang telah menandainya akan tetap dijaga kerahasiannya.[13] Para pengguna lainnya juga dapat
melaporkan foto terlebih dahulu bila menemukan sebuah foto dengan
pelanggaran-pelanggaran yang sama.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar